Ini Alasan Mengapa Perangkat iOS Menggunakan RAM Lebih Sedikit Dari Pada Perangkat Android


Mengapa Perangkat Android Butuh Banyak RAM

Sejak awal, Android dirancang untuk mendukung berbagai jenis prosesor, berbagai produsen, dan banyak konfigurasi perangkat keras yang berbeda. Biasanya, perangkat lunak yang ditulis untuk satu jenis sistem tidak bisa berjalan begitu saja; itu harus “porting” over, yang sering melibatkan penulisan ulang bit yang tidak kompatibel.

Untuk menyiasati hal ini, aplikasi Android selalu berjalan di platform Java. Java bagus karena mesin virtualnya: Anda bisa menulis aplikasi sekali di Java, dan kemudian mesin virtual “menerjemahkan” kode itu pada saat runtime untuk mengerjakan sistem apa pun yang ada di dalamnya. Alih-alih menulis ulang dan mengkompilasi ulang kode itu sendiri, mesin virtual Java menanganinya untuk Anda. Mengapa Mesin Virtual Java Membantu Kode Anda Berjalan Lebih Baik Mengapa Java Virtual Machine Membantu Kode Anda Berjalan lebih baik, Apa untuk mengetahui mengapa mesin virtual java memberi keuntungan lebih banyak kepada java pemrograman asli untuk sebuah aplikasi? ini gambarannya :

build-java

Tapi ini datang dengan biaya.

Mesin virtual Java itu rumit dan membutuhkan banyak RAM, tidak hanya untuk mengatur proses sebenarnya dari mesin virtual itu sendiri, tapi juga untuk menyimpan kode Java asli untuk aplikasi apa pun yang sedang dieksekusi ditambah kode terjemahan yang benar-benar dieksekusi oleh sistem.

Di satu sisi, mesin virtual di Android telah meningkat selama bertahun-tahun dan tidak memerlukan RAM sebanyak dulu. Di sisi lain, aplikasi Android menjadi lebih dan lebih maju – bahkan bisa dibengkak – dan dengan demikian membutuhkan lebih banyak RAM untuk dioperasikan. RAM juga dibutuhkan untuk proses latar belakang, yang umum dilakukan di aplikasi Android.

androidramhero-w782

 

Terakhir, sistem operasi Android dibangun di sekitar metode yang disebut “pengumpulan sampah”. Apps sebenarnya didorong untuk menggunakan RAM sebanyak yang mereka butuhkan. Kemudian, sesekali, Android membersihkan data di RAM yang tidak lagi digunakan (“sampah”) dan membebaskannya, sehingga memungkinkan aplikasi lain menggunakannya. Cara ini, meski efektif, paling optimal bila ada banyak RAM yang bisa dikelola, kalau tidak sistem menghabiskan terlalu banyak  sampah.

Untuk alasan ini, kami merekomendasikan setidaknya 4GB RAM di Android jika Anda peduli dengan kinerja yang lancar. Jika tidak, maka 2GB harus menjadi minimal. Mengapa Ponsel Android Saya Lambat Bahkan Dengan Spesifikasi yang Baik? Mengapa Ponsel Android Saya Lambat Bahkan Dengan Spesifikasi Yang Baik? Spesifikasi bukan satu-satunya hal yang penting di ponsel Android. Inilah alasan mengapa ponsel Anda mungkin melambat meskipun itu adalah spesifikasi yang bagus.

Mengapa iOS tidak menggunakan RAM sebanyak Android

Apple memberikan kontrol lebih besar atas keseluruhan ekosistem iOS. Jika Anda ingin menggunakan iOS, Anda hanya memiliki satu pilihan untuk telepon: iPhone. Jika Anda ingin membuat aplikasi iOS, Anda harus menggunakan Apple Tools dan melakukannya dengan cara Apple. Apple memerintah dengan tinjauan yang ketat.

Ada banyak manfaat untuk ini, meskipun.

Karena Apple tahu persis spesifikasi setiap perangkat yang pernah menjalankan sistem operasinya, Apple pasti bisa membuat keputusan desain yang sesuai. Sebagai contoh, sementara Android perlu mendukung beberapa jenis prosesor, iOS selalu berjalan dengan hardware berbasis ARM.

free-RAM-before-after

 

Dengan demikian, iOS tidak memerlukan mesin virtual dengan terjemahan on-the-fly seperti Android. Semua aplikasi dikompilasi ke kode asli, dan kode tersebut dijalankan langsung di perangkat keras. Tidak perlu mesin virtual berarti RAM secara signifikan lebih sedikit digunakan secara keseluruhan.

Selanjutnya, iOS memiliki pendekatan yang berbeda terhadap manajemen memori. Sedangkan memori Android ditangani oleh sistem operasi, memori iOS ditangani oleh aplikasi itu sendiri. Maka dari itu IOS membiarkan aplikasi mengambil RAM sebanyak yang mereka inginkan dan membebaskannya saat tidak lagi digunakan, aplikasi iOS mengalokasikan dan mengalokasikan memori secara otomatis sesuai kebutuhan.

Singkatnya, hanya karena iPhone memiliki RAM yang kurang tidak berarti kinerjanya lebih buruk. iOS memiliki pendekatan yang berbeda terhadap manajemen memori karena tidak bergantung pada mesin virtual seperti Android.

 

Diterjemahkan dari :

Sumber : https://www.makeuseof.com/tag/why-ios-less-ram-android/

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s